Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Tips Belanja Hemat Saat Liburan Bagi Mahasiswa

Google Ads
Google Ads
Hi Guys! Kamu yang masih mahasiswa, semua suka belanja kan? Apalagi saat liburan, belanja menjadi agenda wajib buat kamu untuk belanja sepuasnya. Selain untuk diri kamu sendiri, juga untuk oleh-oleh.

 Sayang seribu sayang, kamu kerap mengalami maslah yang itu-itu saja kala belanja saat liburan. Mulai dari bugdet yang minim, titipan oleh-oleh yang membludak dari teman juga saudara di rumah, lapar mata gara-gara banyak banget toko yang bikin kamu tergoda untuk mampir sampai masalah temen liburan yang konsumtif. Kamu bisa kok mengantisipasi hal itu kalau mau dengerin tips belanja hemat saat liburan yang bakal kita kasih kali ini.

Nah, pas banget dengan momen akhir tahun banyak toko yang menawarkan sejumlah barang yang harganya super duper murah sampai 'ndelosor' guys! Eit, kamu gak boleh langsung main borong aja ya. Tetaplah bijak saat berbelanja.Kamu kudu praktekin dulu jurus-jurus biar belanjamu makin seru dan aman di kantong.

Berikut Tips Belanja Hemat Saat Liburan Bagi Mahasiswa, check this out!

1. Persiapkan Budget

Bicara soal budget, penting banget untuk kamu memisah-memisahkan budget belanja liburan kamu. Antara lain untuk belanja keperluan sendiri, anggaran belanja untuk oleh-oleh (termasuk buat mereka yang nitip tapi belum ngasih uangnya), dan buat belanja kebutuhan yang tak terduga. So, kamu harus persiapkan dengan matang barang-barang yang wajib kamu bawa seperti peralatan mandi, sandal, baju ganti dan sebagainya supaya kamu nggak perlu mengeluarkan uang untuk kebutuhan tak terduga tadi. Dengan memisahkan budget sesuai dengan tujuannya, kamu gak akan pusing kehabisan uang untuk belanja barang yang sudah kamu incar. Coz, semua sudah kamu atur anggarannya dengan rapi sebelum berangkat.

2. Selektif pada Titipan Orang Rumah

Budaya nitip ini emang udah mendarah danging banget bagi orang Indonesia. Apalagi kalau dengar temen atau sodaranya pergi liburan pasti mendadak titip untuk dibelikan oleh-oleh ini itu dengan alasan 'sekalian'. Bagus kalau mereka kasih dananya dulu sebelum berangkat, kalau enggak? Nah, kamu juga mesti pikirin baik-baik, apakah budgetmu cukup buat itu semua? Secara status kamu masih mahasiswa, pastinya liburan juga terkadang dengan modal pas-pasan dan yang penting liburan. jangan sampai deh, pengennya sih baik hati belanjain buat orang serumah, temen satu kost, atau temen-temen di kampus. Tapi malah jadi kewalahan sendiri alias senjata makan tuan.

So, pertimbangin dulu proritas ini: dahulukan titipan atau oleh-oleh untuk keluarga terdekat. Baru kamu utamakan teman yang menitipkan uangnya sebelum kamu berangkat untuk belanjakan pesenannya. Ini penting biar kamu nggak rugi nombokin sana-sini. Baru deh, kalau duitmu sisa kamu belanjain buat yang lain.

3. Hati-Hati dengan Teman Liburan yang Konsumtif!

Anda harus lebih waspada jika kebetulan berlibur bareng teman yang ternyata super konsumtif. Kenapa? Guys, bisa jadi liburanmu gak akan semulus dan semenyenangkan yang kamu bayangkan jika tidak bersama orang yang tepat. Patner liburan yang konsumtif, bisa dengan mudah menularkan gaya belanja-nya yang konsumtif padamu. Kamu jadi terbawa ikut belanja hal-hal yang gak perlu. Stick to your budget guys! Kamu gak perlu sungkan untuk say no sama temanmu kalau memang gak mau ikut belanja seperti apa yang dia beli. Biar kantong kamu aman dan gak over budget. Gak enak kan, kalau liburan gak jadi seneng justru stess karena bikin kantongmu jebol?

4. Asli atau Palsu?

Nah, kalau kamu pas liburan ke luar negeri pasti inceran kamu adalah barang-barang branded. Tapi, kamu juga harus hati-hati dan bisa membedakan mana barang yang asli atau palsu. Usahain kamu mendatangi langsung ke outlet alias toko resminya.  Kalau enggak kamu bisa browsing dulu cara membedakan barang asli atau palsu. Teliti sebelum membeli, biar kamu enggak rugi dan menyesal pas pulang ke rumah karena salah beli!

5. Lupakan Oleh-Oleh Standar

Nah, kenapa di sebut oleh-oleh 'standar' ? Bayangin deh, kalau pas liburan ada 5 orang temen kamu yang pergi ke bali. Lalu kelima-limanya beliin kaos joger, celana pantai dan gantungan kunci papan selancar dan dibagiin di kelas? Apa gak bikin mabok tuh? Hehehe. Itu cuma ilustrasi aja. Biasanya kita jadi gak kreatif kalau urusan beli membeli oleh-oleh untuk dibagikan secara massal. Cobalah cari sesuatu yang unik dan beda biar liburanmu juga makin berkesan. Dijamin, temen-temen kamu merasa teristimewakan dengan oleh-olehmu yang beda dari yang lain!

6. Pandai-Pandailah Menawar

Sepandai-pandainya penjual menawarkan dagangannya, kamu harus lebih jago menawar harganya hingga benar-benar miring! Kita sering terjebak pada barang-barang yang sebetulnya bisa kamu dapatkan dengan harga murah, tapi karena tak pandai bernegosiasi harga dengan sang penjual, kita menyerah dan membawa pulang barang yang harganya tak sesuai dengan kualitasnya. Pandai-pandailah menawar, biasanya kamu bisa menawar separuh harga atau dibawahnya untuk membawa pulang barang dengan harga penawaran terbaik. Membeli produk diskon 'buy 1 get 1' juga layak kamu pertimbangkan.


6. Pilih yang Bermanfaat Buatmu

Tips terakhir dari belanja hemat saat liburan kali ini adalah pilihlah oleh-oleh yang bermanfaat bagimu. Sayang kan, kalau jauh-jauh liburan ke tempat impian tapi gak punya sesuatu oleh-oleh yang bisa kamu gunakan untuk waktu yang lama. Pikirkan, apakah barang yang kamu beli saat liburan ini ada manfaatnya atau tidak buat kamu.

Nah, itu tadi beberapa Tips Belanja Hemat Saat Liburan Bagi Mahasiswa yang bikin kamu makin bijak dan gak kalap saat belanja. Nikmati liburanmu jadi lebih menyenangkan, siapkan budget dan ikuti tips belanja yang bikin kamu lebih happy saat pulang ke rumah nanti. Happy Holiday!

(KI, Sumber Gambar1, Gambar2, Gambar3)
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

 
Back To Top