Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Rekomendasi Olah Raga Terbaik Selain Lari

Google Ads
Google Ads

Olahraga Apa yang Lebih Baik dari Lari?

Memang tidak perlu yang repot atau yang mahal untuk berolahraga dalam gaya hidup sehat, asalkan badan bergerak. Namun, jika Anda menginginkan hasil terbaik apakah lari sudah cukup? Sebenarnya, ada kegiatan yang hasilnya melebihi lari. Olahraga ini tidak hanya mencakup pembakaran lemak tetapi juga kekuatan tubuh.

Seorang pelatih triathlon, Matt Wilpers memaparkan berbagai olahraga yang dapat dijalankan untuk mnurunkan berat badan. Seperti yang dilansir Kompas, olahraga berikut berdasarkan kebutuhan kalori orang Amerika berusia 25 tahunan.

Lompat Tali

lompat tali
lompat tali
Sebenarnya ini olahraga yang sudah akrab kita lakukan sejak kecil namun kita berhenti melakukannya saat dewasa. Padahal, olahraga ini dapat menguatkan kardio. Tantangannya ialah melakukan 60 kali lompatan dalam waktu satu menit. Sangat cepat bukan? Tapi, jika Anda sanggup melakukannya, Anda dapat membakar kalori sebanyak 90-120 dalam waktu sepuluh menit. Ini di luar kebutuhan waktu untuk berpindah lompatan.

Jogging Air

Rupanya, ketika mendengar kata olahraga air, yang ada di kepala kita seharusnya bukan saja berenang tetapi malah jogging. Yap, lari dalam air. Bagaimana hasil? Ini efektif untuk menguatkan kardio. Anda memang persis lari hanya saja di dalam lari.

Menurut Wilpers, olahraga ini dapat membuat jantung berdenyut lebih kencang. Pembakaran kalori pun menjadi lebih cepat dengan melakukan olahraga ini selama enam puluh menit. Kalori yang bisa dibakar ialah 650 pada wanita dan 850 pada pria. Ini wajar, karena secara biologis, pria memiliki hormon yang membuat pembakaran lemak di tubuhnya lebih cepat. Nilai plusnya, olahraga ini tidak menyebabkan gangguan otot dan sendi yang besar.

Panjat Tebing

panjat tebing
panjat tebing

Olahraga ini boleh dicoba apalagi jika Anda tipe orang yang gemar menantang adrenalin. Jangan coba-coba jika Anda fobia ketinggian. Olahraga ini dapat meningkatkan stamina dan dapat menguatkan otot Anda. Kalori yang dapat dibakar dengan olahraga ekstrem ini ialah 750-1.000. Untuk mencapai ini, Anda harus melakukannya selama enam puluh menit dengan kesempatan istirahat yang ditekan.

Elliptical

Latihan ini lebih ramah untuk kulit karena dilakukan di gym. Olahraga ini pun sebenarnya tidak lebih sulit daripada lari bahkan lebih ringan. Anda harus menarik engkol berlawanan atau miring. Dengan melakukan ini selama enam puluh menit, Anda dapat membakar kalori sebanyak 750 bagi wanita dan 1.000 bagi pria.

Bermain Basket

bermain basket
bermain basket

Bermain basket bisa disebut lebih baik dari lari karena selain membakar kalori juga bisa jadi menyenangkan bagi mereka yang hobi melakukannya. Pada olahraga ini, kaki didorong untuk cepat berlari dan tubuh terus bergerak. Dengan bermain basket selama enam puluh menit, Anda bisa membakar kalori setara berolahraga dengan elliptical.

Selain olah raga, pola hidup sehat bisa di mulai dengan mengkonsumsi sayuran dan buahan bergizi dan menjadi vegetarian. Anda tertarik ingin mengetahui manfaat menjadi seorang vegetarian?
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

 
Back To Top