Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Punya Waktu Luang, Ngapain Aja? [Tips Memanfaatkan Waktu Luang Bagi Mahasiswa Kost]

Google Ads
Google Ads

Andaikan waktumu bertambah satu jam menjadi 25 jam sehari, masihkah kamu merasa tak punya waktu?

Bukan hanya mahasiswa sibuk yang mengeluhkan waktunya kurang. Tapi, bagi memiliki waktu luang pasti juga masih mengeluhkan tidak ada hal menarik yang bisa ia lakukan! Daripada waktumu habis untuk mengeluh, yuk simak tips memanfaatkan waktu luang bagi mahasiswa kost di bawah ini.

Manfaatkan Waktu Luangmu

Di sela-sela kesibukan sehari-hari, kadang kita para mahasiswa punya waktu libur dan waktu luang. Apalagi buat kamu para mahasiswa kost, anak kuliahan tipe-tipe mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang-kuliah pulang. Pasti banyak waktu luang yang kamu habiskan untuk males-malesan di kamar kost, nonton tv sepanjang hari, nongkrong sama temen-temen yang nggak jelas tujuannya, gosip, dan hal-hal gak mutu lainnya.

Semoga kamu yang baca ini, nggak lagi kesindir ya? Soalnya (dengan membaca judulnya saja) sudah ketauan, kamu lagi cari tahu apa aja sih yang bisa mahasiswa kost lakukan saat waktu luang. Penasaran?

Hey, selagi masih muda banyak kok hal berguna yang bisa kamu lakukan. Jangan sampai kamu baru sadar saat usia terus bertambah tapi kualitas hidup cuma gitu-gitu aja. Temen kost sebelah sudah punya bisnis selagi masih kuliah, temen satu jurusan sudah pada dapat penghargaan menang kompetisi, bahkan adik tingkat udah dipromosikan beasiswa pertukaran pelajar ke luar negeri sana! Lalu, kamu? Iya, kamu.. kamu udah ngapain aja? Nggak mau kan status kamu yang mahasiswa lewat begitu aja tanpa berkarya apapun? Sayang banget dan rugi berat pastinya.

Oke, jangan galau jangan bimbang. Kamu yang hatinya tergerak untuk meng-klik tulisan ini pasti udah setengah sadar untuk mulai mengubah hidupmu. Tak perlu berlama-lama lagi, inilah tips memanfaatkan waktu luang bagi mahasiswa kost yang bakal mengubah hidupmu.

Tips memanfaatkan waktu luang bagi mahasiswa kost 


Mulailah untuk membaca buku-buku yang bermanfaat di luar buku kuliahmu
Mulailah untuk membaca buku-buku yang bermanfaat di luar buku kuliahmu

Membaca buku

Mahasiswa nggak suka baca? Nggak banget deh. Setelah seminggu penuh berkutat dengan diktat dan berbagai macam tugas kuliah, kamu perlu membua beberapa buku yang menarik untuk membuka wawasanmu. Jangan mengaku mahasiswa gaul, aktivis, tapi baca buku aja nggak pernah. Manfaatin deh waktu luangmu untuk membaca buku selain buku kuliah. Siapa tahu ide-ide segar bisa muncul dalam otakmu setelah baca buku!

Mulai Menekuni Hobi

Oke, daripada kamu bengong nggak jelas coba mulai menentukan satu kegiatan yang paling kamu sukai. Apakah itu olahraga, main musik, menulis, gambar, traveling, fotografi, wisata kuliner atau main internet? Jadikan itu sebagai hobimu, setiap ada waktu luang gunakan untuk menjalani hobi tersebut. Jangan remehkan soal hobi ini, karena banyak lho mahasiswa yang sukses berawal dari hobinya.

Melatih Skill

Baiklah, sebagai seorang mahasiswa ada satu hal yang harus kamu sadari lebih awal. Kemampuanmu di bidang akademik memang penting. Tapi, yang tak kalah penting dan dibutuhkan kelak ketika kamu sudah terjun di dunia kerja adalah skill alias keterampilan! Nah, keterampilan itu bisa kamu kuasai dengan cara melakukannya secara terus menerus dan belajar ilmunya. Latih skill-mu pada bidang yang kamu sukai. Misalnya desain, fotografi, menulis, membuat software, memasak, apapun itu manfaatkan waktu luangmu untuk mengasah keterampilanmu. Ada yang bilang, butuh 10.000 jam untuk membuatmu menjadi ahli. Coba deh!

Carilah peluang bisnis yang cocok bagi mahasiswa kost
Carilah peluang bisnis yang cocok bagi mahasiswa kost

Lakukan Kerja Sampingan

Kamu yang memang nggak bisa diam, bisa mulai menjajal untuk melakukan kerja sampingan di sela-sela jadwal kuliahmu. Bukan berarti kamu melalaikan tugas utamamu sebagai mahasiswa. Tentu saja kuliah tetap nomor satu, kerja sampingan juga nomer satu. Lho, maksudnya gimana ya? Begini, meski kerja sampingan tapi juga harus serius. Intinya, daripada waktumu terbuang untuk hal yang tidak bermanfaat cobalah mencari kerja sampingan yang bisa kamu jadikan sumber pendapatanmu. Malu dong, kalau tiap bulan nunggu jatah dari orangtua melulu?

Nah, kalau tidak bisa menjalani kerja sampingan, gimana dong?

Cari Peluang Bisnis dan Jalankan!

Ini dia. Kerja sampingan di bawah orang lain, mungkin butuh waktu khusus yang tidak bisa kamu tentukan sendiri. Kamu bisa mulai mencari peluang bisnis yang lebih fleksibel untuk kamu jalankan.

Waduh, nggak ada modal nih, nggak punya bakat bisnis, kenalanku cuma dikit! Gimana dong?

Udah deh, jangan alasan melulu. Jadilah mahasiswa kost yang kreatif. Manfaatkan peluang yang ada di depanmu. Kalau gak punya modal, manfaatkan produk orang lain, ajak joinan teman sekamar, bahkan kamu bisa mulai cari-cari peluang bisnis di internet. Banyak kok yang menawarkan bisnis modal katalog dan dropship yang layak kamu coba. Paling gampang, jalankan bisnis yang sesuai dengan passionmu. Kalau kamu mahasiswa hobinya futsal, coba jual kaos, baselayer atau sepatu buat futsal. Kalau kamu mahasiswi yang berjilbab, pasti punya dong temen-temen yang bisa kamu jualin jilbab juga. Think creative guys!

Ikuti kegiatan kampus yang sesuai minatmu dan cari teman baru
Ikuti kegiatan kampus yang sesuai minatmu dan cari teman baru

Ikut Kegiatan Kampus dan Cari Teman Baru

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kegiatan di kampus. Kamu bisa bertemu dengan teman-teman yang punya minat yang sama denganmu, ikut berbagai kegiatan yang bermanfaat, belajar bekerja dalam tim, dan bertukar pikiran. Jangan habiskan waktumu untuk bergalau-galau ria di sosmed, carilah kegiatan positif di dunia nyata untuk memanfaatkan waktu luangmu. Memiliki teman-teman seperjuangan sangat penting bagi mahasiswa kost. Kamu bisa saling bantu dan nggak bingung saat butuh bantuan orang lain. Jadi mahasiswa sendirian, memangnya enak?
Carilah teman-teman baru untuk memperluas relasimu.

Ikuti Seminar

Yups, setiap pekan pasti ada saja seminar yang diadakan di kampusmu. Cari info di papan pengumuman tentang seminar-seminar yang bermanfaat. Seminar bisa membuka pikiranmu tentang hal-hal yang tidak kamu dapatkan saat di dalam kelas. Sebisa mungkin ikutilah seminar yang GRATIS (biasanya mahsiswa kost paling suka yang gratis-gratis, kan?). Kalaupun berbayar dan ini pilihan terakhir mungkin kamu perlu menginvestasikan beberapa rupiahmu untuk mengikuti seminar yang berkualitas. Lihat ilmunya, dan manfaat yang bisa kamu dapatkan setelahnya.

Nah, itu tadi beberapa Tips Memanfaatkan Waktu Luang Bagi Mahasiswa Kost yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat!

(KI, Sumber Gambar1, Gambar2, Gambar3)
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

 
Back To Top