Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Manfaat Kesehatan Gaya Hidup Vegetarian [ Rahasia Para Vegetarian]

Google Ads
Google Ads

Beragam Manfaat Menjadi Vegetarian

Banyak orang yang mungkin bertanya-tanya mengenai "Kenapa sih mau-maunya menyiksa diri menjadi seorang vegetarian?". Baiklah saya akan menjabarkan beberapa manfaat menjadi seorang vegetarian.

Bersyukurlah jika Anda sudah terbiasa menjadi vegetarian karena banyak manfaat yang bisa Anda peroleh. Rupanya, sayuran dan buah-buahan yang biasa Anda konsumsi dapat mencegah dari berbagai penyakit jangka panjang seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Menu Makan Para Vegetarian
Menu Makan Para Vegetarian

Sebuah penelitian di Jepang membuktikan tekanan darah mereka yang lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan dapat terkendali. Pola makan seperti ini orang jepang ialah yang wajib dilakukan vegetarian.

Tekanan Darah Menurun pada Vegetarian

Tidak tanggung-tanggung, jumlah subjek penelitian ini mencapai 22 ribu responden. Hasil penelitian ini menunjukkan tekanan darah vegetarian lebih rendah daripada mereka yang biasa memakan daging. Penelitian ini meninjau 7 uji klinis dan 39 penelitian.

Untuk sistolik, ditemukan tekanan darah menurun antara 5 - 7 mm/Hg. Untuk diastolik, hasil penelitian tersebut membuktikan terjadi penurunan antara 2 - 5 mm/Hg. Sekecil apapun penurunan tekanan darah, tetep bermanfaat untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung.

Penurunan tekanan diastolik dapat menekan resiko kematian akibat serangan jantung koroner. Ini dapat terjadi jika selisih turunnya tekanan diastolik mencapai 5 mm/Hg dengan penurunan resiko kematian akibat penyakit tersebut sebesar 9 persen. Untuk stroke, penurunan tekanan ini dapat mengurangi resiko sebesar 14 persen.

Kabar baiknya, penurunan ini tidak hanya berdampak pada jenis vegetarian tertentu saja tetapi seluruhnya. Penurunan ini berlaku bagi vegetarian yang masih mengonsumsi produk hewani seperti susu, ikan, ayam, dan telur apalagi bagi vegetarian yang hanya mengonsumsi buah, sayur, dan kacang.

Asupan Gizi Vegetarian

Penelitian lain dilakukan untuk membuktikan keuntungan menjadi vegetarian. Penelitian ini berasal dari National Cerebral and Cardiovascular Center di Osaka. Yoko Yokoyama, salah satu tim peneliti ini mengatakan, jenis vegetarian tidak memberikan perbedaan berarti pada statistik akibat pola makan terhadap kesehatan. Penelitian terkait vegetarian memang masih jarang dilakukan sehingga penelitian-penelitian yang dilakukan saat ini belum didukung data statistik yang kuat.

Sayangnya, lingkup penelitian ini tidak mencakup kandungan gizi apa dari pola makan vegetarian yang mempengaruhi penurunan tekanan darah. Kandungan gizi spesifik ini dirujuk dari berbagai penelitian sebelumnya sebagai dasar teori. Kandungan tersebut ialah sodium, potassium, dan protein nabati dalam makanan vegetarian. Tinjauan teori tersebut menyebutkan kandungan gizi inilah yang berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Kajian terhadap 32 penelitian hanya mencakup pola makan orang yang memakan daging dan tidak. Seluruh penelitian tersebut hanya meliputi hubungan pola makan kedua kelompok tersebut dengan tekanan darah. Penelitian-penelitian tersebut tidak menjelaskan bagaimana sayur dapat menurunkan tekanan darah. Hanya 7 penelitian yang dianggap lebih kuat karena menanyakan secara spesifik kepada masing-masing responden apakah pola makan mereka mencakup daging atau tidak.

Kesimpulan

Benang merah dari keseluruhan penelitian di atas menunjukkan penurunan tekanan darah hanya dipengaruhi oleh pola makan. Tidak ada faktor lain yang leih spesifik untuk menjelaskan bagaimana pola makan vegetarian efektif mencegah hipertensi.

Untuk menjawab hal ini, pendapat seorang kardiolog, Gregg Fonarow dari Los Angeles, dapat dijadikan acuan bahwa penelitian tersebut masih awal. Ini belum bisa dijadikan acuan sepenuhnya untuk menyarankan penderita hipertensi menghindari daging sebelum ada penelitian pendukung lainnya.

Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

 
Back To Top