Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Cara Menyimpan Buah Segar Agar Tidak Busuk

Google Ads
Google Ads
Mereka yang menggemari buah-buahan akan selalu memasukkan buah-buahan dalam daftar belanjaan. Gaya hidup sehat ini tidak tanggung-tanggung, mereka bahkan membeli buah-buahan di atas jumlah normal. Mereka biasanya membuat persediaan buah segar untuk beberapa hari. Mungkin ini akan memberatkan manajemen keuangan Anda, tetapi percayalah kesehatan itu lebih mahal.

Menyimpan Buahan Segar Untuk Persediaan

Buah-buahan ini harus segera disimpan agar tetap segar. Penyimpanan berpengaruh terhadap perkembangan kualitas buah. Penyimpanan yang salah mempercepat proses pembusukan buah. Ini juga menyebabkan kualitas atau kandungan nutrisi buah menurun. Rasa buah pun tidak lagi selezat yang diharapkan. Jus menjadi semakin tidak menarik. Untuk menghindari ini, lakukan hal-hal berikut.
Kulkas Buah
Kulkas Buah

Cara Menyimpan Buah dalam Kulkas

Banyak yang saalah persepsi bahwa semua jenis buah dapat disimpan dalam kulkas. Berry-berryan, melon, anggur, chery, dan pir wajib disimpan di kulkas. Buah-buahan ini harus disimpan dalam tempat yang gelap dan bersih. Suhu kulkas untuk menyimpan buah ini ialah 2,7 - 7 derajat celcius.

Buah-buahan yang disimpan dalam kulkas harus dipisahkan, minimal dengan kantong plastik. Ini untuk menghindari kontak langsung buah yang satu dengan buah yang lainnya. Ingat, kantong plastik yang digunakan juga harus bersih. Lubangi beberapa bagian kantung plastik untuk sirkulasi udara buah. Sirkulasi udara ini berpengaruh pada kesegaran buah.

Khusus untuk apel, jika harus disimpan lama, perlu dibungkus dengan kertas biasa atau kertas koran. Namun, bisaa juga dibungkus dengan kantung plastik.

Buah-buahan yang disimpan dalam kulkas harus dipisahkan dari makanan berbau tajam misalnya bawang. Buah-buahan juga harus dijauhkan dari bahan makanan berupa daging dan ikan. Sebab nyata ialah aroma bahan-bahan makanan tersebut menjadikan buah tidak sedap dimakan. Ini karena seringkali aroma tajam dapat menempel pada buah.

Kulkas tempat menyimpan buah haruslah bersih. Pada kulkas yang kotor terdapat berbagai bakteri penyebab penyakit yang dapat menular pada buah. Buah yang tadinya Anda harapkan menyehatkan malah menjadi sumber penyakit.

Cara Penyimpanan Buah Lainnya

Buah-buahan seperti alpukat dan pisang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. Alpukat dapat lebih awet jika disimpan dalam kertas. Pisang tidak perlu dibungkus. Buah ini sebaiknya disimpan di ruang terbuka. Cukup wadahi pisang pada piring atau keranjang lalu biarkan.

Pisahkan Buah Matang

Menyimpan Buah yang sudah matang sebaiknya pada tempat terpisah dari buah lainnya. Gas pada buah yang sangat matang dapat mempercepat proses pematangan hingga pembusukan pada buah lainnya. Segera singkirkan buah yang sudah busuk. Buah-buahan lain dapat terkontaminasi bakteri buah busuk ini.

Selain dengan banyak menkonsumsi buah segar, gaya hidup sehat bisa Anda mulai dengan mengurangi kebiasaan makan gorengan yang kurang menyehatkan
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

 
Back To Top