Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Cara Kreatif Hidup Tenang Tanpa Hutang

Google Ads
Google Ads
Memiliki utang adalah salah satu permasalahan dalam hidup. Memiliki banyak hutang bikin kita nggak bisa tidur, ketemu teman (terutama teman yang kita utangi) juga jadi beban mental tersendiri. Pada akhirnya kita jadi minder dan menghindari pergaulan.

Hidup tanpa utang menjadi dambaan setiap orang yang ingin hidupnya tenang tanpa dikejar-kejar utang. Buat kamu yang masih kuliah, mungkin hutang kamu nggak terlalu besar nominalnya, palingan sekedar hutang beli pulsa atau utang di warteg sebelah kos. Namun, jangan anggap remeh hutang kamu, Besar ataupun kecil, tetap saja hutang wajib dibayar.

Cara Kreatif Bayar Hutang
Kumpulin Uang Buat Bayar Hutang

Seperti yang telah kita ketahui, utang akan ditagih bahka sampai kamu mati, tidak lantas menggugurkan kewajibanmu buat bayar hutang lho, Guys! Bukannya nakut-nakutin nih, soalnya kematian nggak pandang bulu. Siapapun berkesematan untuk meninggal lebih dulu, baik yang muda maupun yang tua.

Maka dari itu, sebaiknya kamu hindari deh, yang namanya hutang. Sebelum hutang kamu bertambah banyak dan kebiasaan berhutang kamu semakin mendarah daging. Meskipun pakai kartu kredit dan udah ada yang mengkaver (ortumu), kebiasaan berutang akan membuat pola pikirmu seperti itu hingga tua nanti. Mau seumr hidup dikejar hutang? Nggak mau, kan?

Berikut ini Hujan Info bakalan beberin cara kreatif hidup tenang tanpa hutang dengan memanfaatkan kemampuan kamu. Ini berlaku untuk kamu yang memiliki hutang yang sudah kritis maupun stadium satu (hehehe). Yuk, simak cara kreatifnya.

Niat Kuat Bayar Hutang

Yap. Niat yang kuata dalah jurus pertama buat kamu yang ingin benar-benar terlepas dari jeratan hutang. Sebanyak apapun hutang yang akamu miliki, akan lebih mudah dilunasi jika kamu punya niat kuat untuk membayarnya. Sebaliknya, walaupun utangmu cuman sepuluh ribu doang, kalau nggak ada niat membayar ya nggak bakalan lunas tuh hutang.

So, pasang niat sungguh-sungguh untuk bayar hutang, agar memuluskan langkahmu untuk membayarnya.  Niat yang benar, akan menghasilkan langkah yang benar pula. Tips biar kreatif, pasang di dinding kamarmu besar-besar resolusimu dalam setahun ke depan: BEBAS HUTANG. Kalau temen yang main ke kosanmu baca, kamu pasti malu kalau resolusimy itu nggak tercapai.

Hemat Dong, Beib!

Jurus kedua untuk bebas hutang adalah dengan berhemat. Nggak ada ceritanya orang bebas utang berkat keborosannya. Hidup hemat akan membuatmu terlatih untuk bisa menyisihkan uangmu untuk membayar hutang.

Biarpun nyicil sedikit demi sedikit setiap bulan, lama-lama hutangmu akan habis juga. Bandingkan jika kamu hidup boros. Bukannya hutang berkurang, malah nambah terus tiap bulan. Tekor dah.

Tentukan Prioritas

Saatnya kamu jeli dalam menentukan prioritasmu. Gadget baru bisa dibeli kapanpun, namun utang nggak boleh kamu tunda pembayarannya. Malu kan, kalau punya gadget baru tapi masih banyak hutang? Duh, nggak banget deh. Kecuali kamu emang udah nggak punya malu ya.

Prioritaskan uang yang kamu terima setiap bulan untuk membayar utang. Maksimal untuk mencicil hutang adalah 30% dari pendapatnmu. Ini saran dari ahli keuangan, lho!

Penghasilan Ekstra

Artikel tentang cara kreatif hidup tenang tanpa hutang untuk kamu yang ingin hidupnya lebih baik
Hasikan Uang Tambahan
Jika sudah niat dan sudah pula menghemat pengeluaran namun hutangmu nggak lunas-lunas, saatnya kamu nyari pengahasilan tambahan. Guys, di era internet ini banyak banget cara untuk mencari penghasilan tambahan. Kamu bisa memanfaatkan skill maupun tenaga kamu. Ingat kata-kata bijak, lebih baik banting tulang dari pada malu banyak hutang.

Jangan malas cari peluang. Semakin banyak usaha yang kamu lakukan, impian hidup tenang bebas hutang akan semakin mudah kamu capai.

Dekati Tuhan

Cara ampuh lainya yakni dengancara spiritual yaitu berdoa. Mintalah pada Tuhan YME agar kamu terbebas dari hutang. Berdoa setiap hari akan mengantarkan ketenangan bagimu dan hutang kamu akan segera lunas berkat kekuatan doa.

Bagi yang beragama Islam, kamu bisa menjalani amalan-amalan khusus pembebas hutang seperti salat dhuha, salat tahajjud, sedekah, dan membaca doa khusus. Untuk tatacaranya, kamu bisa googling sendiri ya, Guys!

Kelola Keuanganmu

Setelah lewat masa kritis dari hutang, saatnya kamu menata ulang keuanganmu dan tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudaian hari. Sungguh, mengelola keuagan dengan baik lebih mudah daripada menjalani hidup berkalang hutang. So, belajarlah mengelola finansialmu agar hidupmu lebih baik lagi.

Nah, itulah cara kreatif hidup tenang tanpa hutang dari Hujan Info. Jangan lupa untuk menyimak tips-tips bemanfaat lainnya. Selamat mencoba!
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

1 komentar:

 
Back To Top