Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Cara Keren Ngisi Liburan ala Mahasiswa Kost

Google Ads
Google Ads
Guys, liburan udah di depan mata. Udah punya planning apa aja nih?

Buat kamu yang statusnya masih mahasiswa, liburan menjadi hal yang udah kamu tunggu-tunggu untuk melapaskan diri dari segala kepenatan di kampus. Buat yang berasal dari luar pulau, sebagian dari mereka merencanakan liburan ke kampung halaman. Namun, ada pula yang bertahan di tanah rantau dan memilih untuk liburan di tempat wisata sekitar tempat kost.

Tips liburan untuk mahasiswa kost
Tips liburan untuk mahasiswa kost

Namun, liburan nggak melulu di tempat wisata kan? Ada masanya kita juga beraktivitas di kamar kost. Awas saja, kamu bisa terserang galau bin homesick karena melihat kamar-kamar kost yang lain kekunci. Penghuninya pada pulkam, dan kamu tidak. Huwaaaaa...!!!

Gawat nih! Makanya, disini akan dikupas tentang cara keren ngisi liburan ala mahasiswa kost, terutama yang nggak pulang kampung. Check this out, guys!

1. Rencanain Liburan

Merencanakan liburan penting banget buat kamu yang pengen waktu liburanmu lewat begitu saja. Ingat pepatah: gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal. Rencanakan liburan kamu supaya kamu nggak bengong bahkan dari hari pertama liburan!

Catat hal-hal penting seperti:

  • Jadwal liburanmu, jangan sampai kamu nggak tahu liburanmu dari tanggal berapa sampai berapa. Penting, supaya kamu nggak telat masuk kuliah.
  • Ke mana kamu akan liburan, termasuk nama tempat, detail alamat, budget untuk ke sana, dst.
  • Dengan siapa kamu liburan? Kalau kamu punya temen kos, sodara jauh yang sekota tempat kamu kuliah, atau teman sekomunitas, bisa tuh kamu ajak liburan bareng ke tempat wisata. Atau kamu pengen sendirian aja? Boleh dan sah. Asal kamu bisa baca, kamu bisa kok liburan seru sendirian tanpa takut tersesat.
  • Apa rencanamu untuk mengisi waktu luang selama liburan (diluar wisata).
Perencanaan ini penting banget lho Guys, supaya kamu punya panduan liburan dan kamu bisa menghabiskan waktu liburanmu dengan baik.

2. Saatnya Jalan-jalan

Menghabiskan adalah waktu yang tepat untuk menjalankan aksi jalan-jalan ke tempat-tempat yang kamu idamkan. Suka naik gunung? Mendakilah! Suka snorkeling? Jalan-jalan aja ke pantai yang indah dan jernih. Jika kamu lebih suka suasana asri danau, kamu bisa cari danau terdekat dari tempat kosmu. Ayo keluar rumah! Siapa tahu dapet kenalan baru! Hehehe.

3. Jalani Hobi

Hobi adalah sesuatu yang kamu lakukan dengan sesuka hati tanpa ada tendensi untuk meraih keuntungan/materi. Orang yang melakukan hobi, tujuannya ialah untuk memenuhi kepuasan batin. Ada orang yang hobi baca. Dia nggak akan mendapat uang untuk baca buku, bahkan dia harus berkorban mengeluarkan uang untuk beli buku. Demikian juga dengan orang yang fotografi, melukis, dan berkebun. Mereka harus mengorbankan uang, tenaga, dan waktu untuk menjalani hobinya.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu liburanmu untuk menjalani hobi apa saja yang tak sempat kamu lekukan selama kuliah. Liburan akan memuaskan hasratmu untuk menekuni hobi. Bila perlu, cari hobi baru agar hidup kamu lebih berwarna.

4. Berkomunitas

Hampir sama kayak hobi, berkomunitas adalah hal positif dan keren untuk mengisi liburanmu. Dengan berkomunitas, kamu akan mendapat banyak pengalaman seru yang bermanfaat untuk mengasah kreativitas dan jiwa sosialmu. Nambah teman saat liburan, siapa takut?

5. Pelajari Skill Baru

Memiliki skill baru adalah hal yang menyenangkan. Kamu bisa mengisi liburanmu dengan memelajari skill baru. Menulis, merajut, memassak, menggambar, desain grafis, membaca cepat, web design, bermain musik, menjadi blogger profesional, dan apapun yang kamu minati. Syukur-syukur nantinya skill kamu dapat memberikan nilai tambah buat kamu seperti untuk pekerjaan sampingan.

6. Magang dan Menjadi Relawan

Selama libura, kamu bisa memanfaat waktumu untuk magang di sebuah perusahaan untuk menambah pengalaman dan CV kamu. Selai magang, kam juga bisa menjadi relawan di tempat bencana seperti longsor, banjir, dan sebagainya. Kamu bisa bergabung menjadi relawan untuk menyalurkan jiwa sosial kamu. Dua kegiatan ini keren banget kalau kamu kerjakan saat liburan kuliah. Kamu jadi punya cerita keren untuk dibagikan sama teman-teman dan keluarga nantinya.

Nah, itulah cara keren ngisi liburan ala mahasiswa kost yang nggak berencana pulang kampung. Seru, kan? Apapun kegiatanmu, mestinya harus bersifat positif dan bermanfaat. Jangan sia-siakan waktu liburan hanya utuk nongkrong nggak jelas apalagi malas-malasan di kamar kos. Jangan, ya?

Okey, selamat liburan Guys!
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

 
Back To Top