Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

4 Tips Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa Kost

Google Ads
Google Ads
Menjadi mahasiswa di tanah rantau membuat kamu harus pandai mengelola keuangan. Ilmu pengelolaan keuangan ini tidak diajarkan di bangku sekolah, namun kamu bisa mempelajarinya. Kali ini Hujan Info bakalan ngasih tips mengelola keuangan untuk mahasiswa kost. Kamu bisa menerapkannya karena cukup mudah untk dipaktekkan. Check this out!


Mengelola Keuangan Mahasiswa Kost

1. Bagi Uangmu dengan Rumus  30-70

Jika kamu mahasiswa yang masih menerima uang saku bulanan dari ortumu, begini langkah awal untuk mengelola uang sakumu. Pisahkan uangmu menjadi 2 bagian, yakni 30% untuk tabungan dan 70% untuk biaya hidupmu. What?? Kenapa harus ditabung 30%-nya sih?

Ya, tabungan ini berfungsi sebagai pegangan kamu saat uangmu benar-benar habis. Prioritaskan menabung di awal karena biasanya jika kita menunggu uang sisa untuk ditabung, uangmu tidak akan pernah tersisa (bahkan kurang!).

Menabung mmebuatmu hidup lebih hemat. Kamu juga bisa membantu orangtuamu saat mereka tiba-tiba terlambat mengirimkan uang bulanan karena suat hal. Saat kamu sakit, kamu tidak perlu menyusahkan ortu dengan meminta uang tambahan untuk beli obat. Jadi, kamu bisa lebih mandiri di perantauan karena kamu punya tabungan.

2. Pisahkan Rekening Tabungan dan Rekening Belanja

Ini penting buat kamu yang sering belanja tak terkendali. Cara ini dilakukan agar tabunganmu aman dari kikisan kebutuhan belanjamu. Tabunganmu perlu diselamatkan dari godaan diskon baju lucu nggak penting atau nonton film terbaru yang sebenarnya bukan prioritasmu.

Jika kamu menyimpan uangmu di rekening bank, buatlah dua akun bank yang berbeda. Satu untuk tabungan, satu untuk belanja. Bank-bank menyediakan rekening tabungan yang tidak ada administrasi bulanannya, bahkan tidak ada ATM-nya. Uangmu akan aman 'tidur' di rekening tersebut dan hanya boleh kamu ambil saat ada kebutuhan amat sangat mendesak.

3. Habiskan Uangmu dengan Bijak

Menurut Ahmad Ghozali, uang diciptakan untuk dihabiskan, bukan disisakan. Namun, cara menghabiskan itulah yang harus diperhatikan. Mahasiswa kost seperti kamu jarang sekali memikirkan bagaimana mengatur bagaimana membelanjakan uangmu dengan benar.

Seperti yang sudah diatur di awal, jatahmu untuk belanja dalah sebesar 70%. Bagi-bagi kembali uangmu untuk keperluan berikut:

  • Sedekah minimal 2,5% (dari 100% uang sakumu). Sedekah adalah cara untuk mengungkapkan syukur dengan berbagi apa yang kita miliki kepada orang lain.
  • Bayar kost. Jadikan ini prioritasmu supaya hidupmu tenang, tidak menunggak biaya kost.
  • Uang makan. Usahakan menjatah biaya makanmu perhari agar tidak terjadi pembengkakan biaya di pos ini.
  • Pulsa, laundry, dan toiletries.
  • Gaya hidup
Untuk poin terakhir biasanya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Makan di luar, nonton film di bioskop, hang out, belanja barang-barang lucu, ganti ponsel dan sebagainya. Coba deh, ubah gaya hidupmu menjadi lebih sederhana. Memliki gaya hidup sederhana itu lebih baik daripada hidup gaya tapi bokek.

Usahakan pengeluaranmu tidak lebih besar dari pemasukanmu untuk menghindari hutang. Jangan biasakan berhutang ya guys, agar uang bulananmu berikutnya tidak habis untuk menyicil hutang.

4. Cari Tambahan Penghasilan

Mahasiswa masa kini kudu kreatif, termasuk dalam memutar otak untuk mencari penghasilan tambahan. Manfaatkan kemampuanmu untuk menghasilkan uang seperti menjadi guru les, menjadi reseller/dropshipper, menjual jasa (desainer, penulis, penerjemah), bisnis online, dan sebagainya. Manfaatkan kreativitasmu semaksimal mungkin supaya penghasilan kamu juga maksimal.

Nah, itu tadi 4 tips mengelola keuangan untuk mahasiswa kost. Kamu dapat mempraktekkannya mulai sekarang agar kamu bisa mengatur uangmu lebih bijak. Selamat mencoba!

Sumber gambar
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

 
Back To Top