Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Cara Efektif Belajar Tentang Kehidupan

Google Ads
Google Ads
Selama hidup ini saya telah melalui banyak hal. Terimakasih kepada kedua orang tua saya, karena saya telah merasakan bangku pendidikan, dari yang paling dasar hingga tingkat Universitas.

Semua pelajaran yang saya dapatkan di bangku pendidikan mungkin tidak ada artinya tanpa adanya teknik belajar yang tepat. Berada di catatan nilai merah hingga peringkat pertama telah saya lalui. Menjadi pemuja nilai hingga beralih pada pemikiran bahwa nilai dan angka-angka itu tak penting lagi juga telah saya alami.
Belajar kehidupan
Belajar kehidupan

Semua pelajaran yang saya peroleh selama saya hidup ini membuat saya berfikir ulang, bagaimana sebenarnya teknik belajar yang efektif itu? Ini tentu saja bukan hasil riset apalagi penelitian mendalam, ini hasil analisa dari keseharian saya selama melalui bangku pendidikan.

Saya mulai memisahkan bagian mana dari pola belajar saya yang kurang tepat dan bagian mana dari teknik belajar saya yang paling efektif. Semoga Anda bisa belajar banyak hal dari ulasan berikut.

Selalu berhati-hati

Terkadang kita harus memperhatikan keseharian kita  dengan seksama, melihat lebih dalam apakah yang akan kita lakukan berdampak buruk bagi kehidupan? ataukah akan berdampak positif bagi kehidupan kita. Kesemua pertimbangan yang mampu kita lakukan ini akan sangat berguna dalam proses belajar kita.

Sifat berhati-hati yang kita miliki akan membantu kita keluar dari masalah yang akan kita hadapi tanpa memperkeruh suasana.

Selalu Ingin Menyelesaikan Masalah

belajar bahagia
belajar bahagia

Kebanyakan orang selalu berfikiran untuk lari dari masalahnya. Mereka sama sekali tidak menerima masalah-masalah sebagai tantangan hidup. Kebanyakan dari orang-orang ketika terkena masalah mereka malah memikirkan hal-hal yang tidak penting.

Masalah memang merupakan sesuatu yang tak mudah untuk dipikirkan, masalah itu menyita banyak pikiran Kita. Itulah mengapa Kita lebih suka melupakan dan menghindari masalah kemudian beralih untuk memikirkan hal-hal yang nyaman dan mudah, seperti menonton televisi, keluyuran tak jelas, ataupun makan banyak.

Jadi kali ini kita harus mengubah hal ini, jangan mengikuti kebanyakan orang! Setiap kali memiliki masalah pastikan bahwa kita termotivasi untuk menyelesaikannya. Bagaimana caranya kita harus keluar dan terbebas dari masalah, bukan dengan jalan kabur tetapi lebih kepada penyelesaian masalah.

Ini merupakan teknik belajar yang sederhana, tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Dampak dari kebiasaan ini adalah Anda akan terbiasa untuk menemukan solusi dari setiap masalah dan itu membuat belajar Anda lebih efektif.

Berfikir Mendalam Tentang Kehidupan

Ketika sedang mandi, bersantai bersama keluarga, joging di pagi hari, sebaiknya Kita melakukannya sambil berfikir tentang kehidupan kita. Refleksi dari setiap aktivitas yang kita lakukan hari ini, berfikir mendalam tentang apa yang sebenarnya kita lakukan dalam hidup?

Kita harus belajar memaknai kehidupan. Semua pemikir pintar dan cerdas selalu memikirkan hal-hal yang berhubungan tentang kehidupannya. Dengan begini kita akan mengetahui kekuatan dan kelemahan kita, hoby dan minat kita.  Ini akan membantu Kita untuk belajar lebih efektif.

Tidak Takut Salah

Sebelumnya telah saya tuliskan tentang berhati-hati. Tetapi Anda harus tahu batasan dari berhati-hati. Karena ketika Kita terlalu banyak berfikir maka Kita akan terjebak pada batasan pola pikir semata. Kita tidak pernah tahu kenyataanya, prakteknya, dan tantangannya.

Ketahuilah bahwa melakukan kesalahan itu hal yang biasa. Kegagalan itu bukanlah hal besar kecuali Kita mempersoalkannya. Bersikaplah biasa, santai sambil mengingat-ingat langkah kita ketika gagal sehingga kita bisa belajar lagi yang benar.

Gagal dan salah adalah hal yang biasa terjadi, tidak perlu takut gagal apalagi takut salah. Jika kita terlalu takut gagal, maka kita tidak akan kemana-mana, kita akan pesimis dan tidak berenergi dalam belajar.

Siapapun yang tak pernah merasakan kegagalan, mereka tak pernah melakukan hal-hal besar.
Jika Kita ingin menjadi orang yang besar maka kita harus lebih berani mengambil resiko gagal dan salah.

Terbiasa Dengan Ketidak Pastian

Mencoba sesuatu hal yang baru merupakan sesuatu yang menakutkan, karena Kita belajar memasuki hal baru yang belum pernah kita tekuni. Kita selalu mengkhawatirkan ketidak pastian nasib kita.

Padahal sejatinya kehidupan ini adalah ketidak pastian. Segala ketidak pastian dalam kehidupan itu adalah hal yang biasa, hal yang normal, tak perlu dikhawatirkan.

Kebanyakan orang terlalu takut akan ketidak pastian, padahal kekhawatiran ini takkan membawa Kita kemanapun. Walaupun merasakan ketidak pastian itu tidak menyenangkan, tetapi perasaan ini tidaklah buruk. Ketika kita bingung akan ketidak pastian yang akan kita hadapi, ini bukanlah kiamat.

Jadi santailah. Cobalah hal-hal baru, masukilah bidang-bidang baru yang Anda minati dan mulailah belajar dengan lebih tenang.

Menulis dan Berbagi (di Blog)

Menuliskan pengalaman dan perasaan kita kemudian berbagi pengalaman tersebut dengan orang lain merupakan kegiatan yang sangat mendukung Anda untuk belajar dalam kehidupan.

Walaupun Anda tidak pernah bermimpi untuk menjadi penulis, namun aktivitas ini akan menguntungkan Anda. Kegiatan menulis ini merupakan kegiatan yang paling menunjang belajar Anda.

Tidak perlu mengharapkan pengunjung yang banyak. Kita hanya perlu menuliskan pengalaman sukses maupun kegagalan Kita, kemudian berbagi dengan teman-teman.

Kenapa ini begitu berpengaruh? Karena saat menuliskan di blog, Kita akan merefleksi kehidupan Kita, kegiatan Kita, dan kita akan memahami lebih dalam tentang hikmah dari kejadian dalam kehidupan Anda.

Jadi mulailah aktivitas menulis(di blog) Anda!

Selalu Rendah Hati

Kita tidak Akan pernah bisa belajar apapun jika kita merasa bahwa kita tahu segalanya. Memiliki pendapat bahwa Kita adalah orang yang sangat pintar dan selalu benar hanya akan membuat kita tak bisa belajar apapun.

Kita harus lebih rendah hati, kemudian penasaran terhadap hal baru. Kejar rasa penasaran Kita sehingga dapat belajar lebih banyak. Jangan pernah merasa lebih pintar dari orang lain, karena ini akan membuat Kita enggan belajar dari orang lain.

Meremehkan informasi yang Kita sedang baca/dengar hanya akan mematikan rasa penasaran kita. Jangan pernah melakukannya.

Teruslah rendah hati dan belajar lebih banyak.

Demikian trik untuk bisa belajar tentang kehidupan. Semoga bermanfaat.


Rangkuman dari (zenhabits.net
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

2 komentar

wah artikel yang sangat-sangat bermanfaat, belajar tentang kehidupan, :D

 
Back To Top