Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Bagaimana Mengubah Kebiasaan Untuk Hidup Lebih Sehat

Google Ads
Google Ads
Perubahan tidak akan terjadi hanya dalam satu malam, perubahan memerlukan lebih banyak waktu, dedikasi dan konsistensi. Perubahan menuju pola hidup sehat adalah tujuan banyak orang, maka dari itu kita memerlukan perencanaan dan keputusan yang tepat untuk dapat mengubah pola hidup. Dan usaha keras kita akan terbayarkan dengan kesehatan yang akan diperoleh dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Alasan mengapa kesehatan begitu penting ialah karena dalam kehidupan ini seseorang dinilai dari karyanya, dan ketika kita tidak memiliki kesehatan maka kesempatan kita untuk berkarya akan lebih sedikit. Maka tubuh yang sehat merupakan modal utama yang membuat kehidupan ini berwarna, menarik dan berharga.

Jadi apa saja yang dapat menunjang kita untuk dapat menjalankan pola hidup sehat? Tentu saja yang menjadi pokok utama ialah untuk tidak merokok, mabuk, dan narkoba. Kemudian mengkonsumsi makanan yang sehat, melakukan olah raga dengan teratur dan bersosialisasi agar hidup lebih berwarna.
pola hidup sehat
pola hidup sehat

Apa saja hal mendasar yang harus dilakukan untuk mengubah kebiasaan untuk bisa hidup lebih sehat?

Mengubah Pola Pikir

Yang paling pertama dan utama dalam mengubah kebiasaan menuju pola hidup sehat ialah Anda harus mengubah pola pikir. Anda dapat mengubah kehidupan Anda menjadi lebih baik diawali dengan mengubah pola pikir Anda.

Ini mungkin mudah secara teori, tetapi bagi beberapa orang ini tidaklah mudah untuk dilakukan. Kebanyakan orang bahkan tak pernah yakin bahwa dirinya mampu mengubah kehidupannya.

Jadi Anda harus berkaca pada diri Anda, melihat bagaimana emosi Anda dapat mengubah kesehatan Anda. Ubah pola pikir Anda untuk mengkonsumsi sesuatu berdasarkan keinginan Anda, lebih perhatikan nutrisi pada makanan daripada rasa makanan Anda.

Banyak cara untuk mengubah pola pikir Anda. Sering melakukan refleksi, melakukan afirmasi positif (mengatakan hal positif berulang-ulang) dan memvisualisasikan bagaimana pola hidup sehat yang akan Anda jalani merupakan langkah yang sangat besar dalam mengubah pola pikir Anda.

Buatlah Perencanaan

Untuk mengubah hidup Anda menuju pola hidup yang lebih sehat tidaklah mudah. Anda perlu segala dukungan, dukungan keluarga, teman, dan bahkan lingkungan Anda.

Buatlah perencanaan yang jelas dan tertarget. Seperti membuat perencanaan pola makan sehat. Mungkin di awal-awal program perubahan pola hidup ini, Anda hanya melakukan perubahan pola makan dengan mengurangi makanan berlemak dahulu. Kemudian menambah asupan sayuran, menguranggi karbohidrat berlebih dan akhirnya hingga memperhatikan nutrisi dari buah-buahan.

Dalam mempermudah rencana yang Anda buat, gunakanlah jurnal harian untuk mencatat rencana dan pelaksanaan rencana tersebut. Apakah hari ini Anda telah melakukan apa yang Anda rencanakan? Atau Anda kembali melanggarnya? Catat semuanya, untuk evaluasi diri Anda.

Rencanakan makanan sehat harian Anda. Sebelum berangkat ke toko, Anda perlu mencatat bahan-bahan makanan apa saja yang benar-benar sehat dan memenuhi nutrisi harian Anda. Jangan sampai Anda datang ke toko tanpa perencanaan dan berakhir "khilaf" dengan membeli junk food. 

Tentukan Tujuan Anda

Menentukan tujuan akan membuat Anda terus berada pada jalur yang benar. Banyak orang yang sulit sekali menyadari bahwa dia sedang melakukan hal yang akan membuatnya gagal mencapai apa yang ia impikan. Dalam kata lain, dia tidak menyadari bahwa dirinya berada pada jalur yang salah.

Salah satu contohnya ialah orang yang melakukan diet. Diet dilakukan agar tubuh proporsional dan sehat. Namun dalam perjalanannya banyak sekali orang yang melakukan diet-diet ekstrim, yang tidak memberikan kesehatan bagi pelakunya. Ini menunjukkan bahwa orang tersebut telah jauh dari tujuannya.

Maka sebaiknya Anda memulai pola hidup sehat Anda dengan memperkuat tujuan Anda. Setelah itu memulai usaha dengan sungguh-sungguh, tidak secara instant ingin terlihat hasilnya, tetapi terus menerus dengan hasil yang bertahan sangat lama.

Mulailah membuat target mingguan Anda. Membuat resep masakan yang sehat setiap minggunya, dan melakukan upaya kebugaran dan olah raga setiap harinya.

Secara perlahan Anda telah mengubah pola hidup Anda menuju hidup sehat yang sesungguhnya.

Pahami Fakta dan Batasan

Setiap hal yang baik ada batasannya. Jika Anda memulai hidup sehat, ini merupakan hal yang sangat baik. Namun jika Anda berlebihan tergila-gila pada kesehatan, ini bukanlah kabar baik.

Jika Anda berolah raga melebihi kemampuan Anda, ini seringkali hanya merusak tubuh Anda. Jika Anda diet secara berlebihan, hingga nutrisi yang tubuh perlukan tidak tercukupi, hal ini tidaklah baik bagi tubuh Anda.

Jadi dalam hal ini, Anda harus mengetahui batasan dari hal-hal yang Anda inginkan. Sehingga Anda tidak berlebihan dalam suatu hal.

Selamat mencoba kehidupan baru Anda, yang lebih sehat dan lebih membahagiakan.


Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

8 komentar

info yang sangat menarik
harus segera dilaksanakan

tips yang bagus gan :D kunjuungan baliknya ya :D

bagus buat motivasi saya nih ,jujur saya jarang memperhatikan kesehatan saya -_-", boleh dicoba nih :v

Hidup sehat adalah sebuah keharusan.. Mulai dari hal kecil..

Info yang sangat menarik masta ...

..

Thank's tips nya masta ...
Lanjutkan terus untuk slalu berbagi ...

Meninggal kan kebiasaan emang paling sulit, apalagi kebiasaan buruk yg sudah lama di lakoni ...

 
Back To Top