Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

7 Kebiasaan yang Membuat Anda Lebih Tenang dan Bijak

Google Ads
Google Ads
Kita mungkin telah mengalami stres, kepenatan yang luar biasa karena terlalu banyak bekerja. Segala kebutuhan pokok di dunia modern telah membawa kita pada stres berlebihan yang dapat mengganggu kesehatan Kita.

Kebanyakan orang di dunia modern tidak pernah merasakan ketenangan dan kedamaian di setiap hari-hari mereka.

Seperti itu pula saya dahulu, tidak bisa merasakan ketenangan dalam kehidupan. Tetapi saya telah melaluinya, saya telah mempelajari bagaimana menciptakan perasaan yang lebih tenang dari semua keadaan.

Ada beberapa kebiasaan yang saya lakukan beberapa tahun belakangan ini untuk memperoleh ketenangan batin. Saya belum benar-benar menguasainya, tetapi saya telah melakukan beberapa kebiasaan tersebut sebaik mungkin, dan kesemua kebiasaan yang saya bangun ini telah sangat membantu saya.

Kebiasaan-kebiasaan ini tidak secara langsung mengubah lingkungan kerja dan kehidupan saya secara menyeluruh. Mampu mengubah lingkungan kita adalah sesuatu yang hebat, tetapi kita tidak dapat mengontrol sesuatu yang terjadi kepada kita secara terus menerus dan kita juga tak dapat mengontrol bagaimana orang memperlakukan kita.

Satu-satunya hal logis yang dapat kamu lakukan adalah merespon kejadian yang kamu alami, atau merespon perlakuan seseorang ini dengan respon yang terbaik. Kita bisa saja merespon setiap kejadian dengan kemarahan dan keputus asaan, tetapi kita juga bisa meresponnya dengan ketenangan dan kedamaian.

Kebiasaan-Kebiasaan yang Membuat Anda Lebih Tenang


Beberapa kebiasaan yang membuat Anda lebih tenang ini mampu menjauhkan Anda dari permasalahan hidup dan mengubah hidup Anda menjadi lebih damai dan indah:

1. Melakukan Ritual Pagi yang Menenangkan. Banyak orang terburu-buru pada pagi hari, memulai harinya dengan stress dan ketergesaan. Bangunlah lebih pagi, jika muslim Anda lakukan Solat Shubuh terlebih dahulu, nikmati ritual agama Anda, kemudian mulailah dengan meminum teh, menikmati seduhan teh istri Anda atau mulai dengan membaca koran pagi.

Semua kegiatan ini akan mampu membuat hari Anda lebih tenang dan damai, tanpa stress dan ketergesa-gesaan.

2. Belajarlah untuk Mengendalikan Respon Anda. Sesuatu yang sangat mengecewakan terjadi, bagaimana respon Anda?

Banyak orang yang langsung mengambil tindakan saat itu juga, hal ini kurang dianjurkan, karena mengambil tindakan saat suasana pikiran Anda stress akan berdampak buruk. Beberapa orang lainnya langsung marah atau mengamuk. Sisanya malah merasa bersalah pada diri sendiri dan putus asa.

Kenapa Anda tidak bersikap dengan lebih baik? Memaklumi, memikirkan matang-matang ataupun meminta saran kepada orang lain mungkin merupakan solusi terbaiknya. Karena itu kendalikanlah respon Anda.

3. Jangan Diambil Hati. Pada banyak kesempatan, respon yang Anda lakukan adalah mempermasalahkan segala hal.

Jika seseorang melakukan sesuatu yang tidak kita sukai, kita lebih sering menganggap hal ini merupakan penentangan terhadap kita. Ketika pasangan kita tidak berlaku romantis, kita menganggapnya acuh dan nggak perduli, ketika seseorang berlaku kasar di tempat kerja, kita langsung berfikir "Kenapa dia berani-berani-nya melakukannya?" bahkan beberapa orang selalu berfikir bahwa seisi dunia ini menentang keinginannya.

Mulailah dengan tidak mengambil respon berlebihan atas apa yang terjadi di sekitar Anda. Perlakukan setiap kejadian diluar diri kita seperti ketika kita melihat daun berguguran, atau burung yang terbang bebas, kita tidak dapat melakukan apapun terhadapnya. Kita tidak dapat mencegahnya ataupun memaksanya. Hal-hal semacam ini tidak memerlukan respon yang tidak berlebihan, atau beberapa bahkan tak perlu Anda respon.

4. Bersyukurlah. Tentu saja hampir setiap harinya orang-orang mengatakan bersyukur di laman Facebook mereka. Tetapi seberapa sering mereka benar-benar menerapkannya?

Ketika Boss memaksa Anda bekerja lebih, anak buah Anda berlaku tidak sopan, anak Anda berlaku buruk, ataupun ketika cinta kita di tolak... Apa respon kita? Apa kita marah, sedih, mengamuk? ataukah kita bersyukur?

Cobalah untuk memuji siapapun itu, merespon mereka dengan positif dan cobalah untuk tersenyum. Hal ini akan merubah kehidupan Anda lebih baik lagi.

5. Buatlah Kebiasaan Bernegosiasi dengan Stress. Tidak bisa dipungkiri bahwa pada suatu saat Anda akan merasakan stress akibat perlakuan orang lain, ataupun saat keadaan sangat tidak mendukung Anda.

Kebanyakan orang melakukan hal-hal buruk ketika stress, mereka makan berlebihan, belanja tak terkontrol, minum minuman keras, ataupun berkelahi akibat masalah sepele. Semua kebiasaan buruk saat Anda stress ini merusak pola hidup sehat Anda dan berdampak sangat buruk bagi kehidupan Anda.

Cobalah bernegosiasi ketika Anda stress. Ketika Anda menyadari sedang stress, cobalah untuk bernegosiasi dan mengajak diri Anda untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat. Beribadah kepada tuhan, atau mendengarkan nasihat dari pemuka Agama Anda mungkin akan jadi penenang Anda. Atau carilah hal-hal bermanfaat lainnya, seperti berolah raga ketika Anda stress, bermusik, memijat tubuh Anda atau travelling ke tempat-tempat baru.

6. Single-Task. Melakukan satu tugas tentu akan lebih mudah bagi Anda. Saat ini banyak sekali orang yang melakukan multi tasking (banyak pekerjaan bersamaan). Makan sambil SMSan, menulis sambil mencari klien, makan sambil menonton TV. Tetapi multitasking ini berdampak buruk yaitu kegelisahan secara terus menerus.

Anda akan merasa gelisah ketika Anda sedang dalam perjalanan di bus, kemudian gadget Anda mati. Karena Anda terbiasa berjalan sambil ber-chating ria. Anda merasa harus melakukan lebih, harus lebih, tak cukup satu pekerjaan. Hal ini hanya membawa Anda pada kegelisahan

Cobalah untuk melakukan satu hal saja. Makan saja, menonton tv saja, berchating saja ataupun beragam aktifitas lainnya secara satu persatu. Ini akan membuat Anda lebih merasa puas akan apa yang Anda lakukan hari ini.

7. Kurangi Keributan. Kehidupan kita ini dipenuhi dengan  beragam keributan. Kebisingan jalanan, ribut gosipan ibu-ibu, keributan dan perdebatan di sosial media, dan beragam berita buruk yang kita baca hari ini. Semua itu hanya menghasilkan kebisingan bagi Anda, memperbesar stress dan kegelisaan Anda.

Kurangilah hal-hal tak berguna yang akan memenuhi pikiran Anda. Mulailah untuk membuat diri Anda nyaman dan damai, mengasilkan banyak tawa dan senyuman setiap harinya.

Kedamaian hidup
Kedamaian pikiran


Mulailah hidup Anda dengan lebih tenang hari ini...

Rangkuman dari (zenhabits.net)
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

3 komentar

saya tidak dapat mengontrol emosi saya, namun saya akan berusaha sedikit demi sedikit seperti apa yang telah anda postingkan :)

yang paling efektif menurut ane tidur Gan.. :D

Yang paling enak itu melakukan hobi :v

 
Back To Top