Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Tips Membuat Jus Buah Yang Sehat dan Menyegarkan

Google Ads
Google Ads
Meminum jus tentu sangat segar apalagi ketika haus. Tidak hanya menghilangkan dahaga, jus juga dapat memberikan kesehatan. Ini karena jus mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh setiap harinya.

Tidak Suka Jus? Mungkin Cara Membuatnya yang Salah


jus buah sehat
jus buah sehat
Jika ingin hidup sehat, maka Anda perlu persediaan buah-buahan di rumah. Buah-buahan ini dapat Anda nikamati dengan memakannya langsung, diolah menjadi camilan, atau dibuat jus. Jus dapat dibuat dari dengan kombinasi berbagai buah.

Membuat jus itu mudah. Jus buah segar bisa dibuat dengan hanya menggunakan blender. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana menjaga gizi jus agar tetap sama seperti buah aslinya. Sebenarnya, ini dapat dilakukan dengan sederhana. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat jus.

Jus Jangan Lupa Kulitnya

Prinsip jangan lupa kulitnya memang benar adanya. Seperti dagingnya, kulit buah juga kaya nutrisi. Kulit buah juga kaya serat dan vitamin yang memperlancar sistem pencernaan. Membuat jus buah beserta kulitnya mulai banyak dilakukan. Syaratnya, kulit buah harus benar-benar bersih.

Caranya, sebelum dijus, buah harus dicuci derngan air mengalir. Gosok-gosok kulit buah agar kotoran dan bahan kimia seperti pestisida pada kulit buah luntur. Kulit buah yang segar dan bersih akan mempercantik tampilan jus. Ini membuat jus lebih menggiurkan.

Jaga Kebersihan Blender

Sebagai penghalus bahan makanan yang praktis, blender digunakan untuk berbagai bahan seperti bawang, bumbu, sayur, krim, cabe, bahkan daging. Ini merupakan media yang bagus bagi perkembangbiakan bakteri.

Jika blender kotor, dalam sehari, bakteri dapat berlipat menjadi jutaan. Karenanya, segera bersihkan blender setelah digunakan. Aroma yang masih tertinggal pada blender yang tidak dicuci bersih memengaruhi rasa jus.

Jangan Tambahkan Gula

Mayoritas orang Indonesia menyukai makanan manis. Jus yang manis tentu lebih menggoda. Namun, sebaiknya Anda tidak menambahkan gula pada jus buatan Anda. Terlebih jika Anda membuat jus buah yang secara alami sudah mengandung gula tinggi.

Buah-buah yang mengandung kadar gula yang tinggi ini misalnya apel, jambu, dan buah anggur. Jika asupan gula darah harian melebihi kadar yang dapat ditokeransi tubuh Anda maka Anda semakin beresiko terkena penyakit diabetes. Urusan rasa memang perlu diperhatikan, tetapi kesehatan adalah yang utama.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat jus. Jika tidak memiliki persediaan buah di rumah, Anda dapat mengonsmsi jus kemasan dengan jaminan gula terkontrol. Jus kemasan yang sehat menjamin kelezatan rasa. Anda pun dapat menjadi penggemar jus.

Jika dirasa nutrisi dari buah masih belum mencukupi kebutuhan harian Anda, maka cobalah untuk membuat kombinasi jus sayur dan buah.
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

 
Back To Top