Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Resep Kurus Ala Mahabarata : Diet Rempah India

Google Ads
Google Ads
Kekuatan sinetron atau film seringkali membuat penontonnya mengidamkan fisik layaknya artis dan aktornya. Jika Anda penggermar serial Mahabarata, maka mungkin Anda mengidam-idamkan bentuk tubuh yang indah seperti tokoh Angeli atau putri-putri di Mahabharata. Tubuh langsing sederetan orang cantik dan ganteng tersebut tidak terlepas dari diet negara asalnya yaitu rempah-rempah. Rempah-rempah India selain berfungsi sebagai penyedap makanan juga berkhasiat bagi fungsi otak dan metabolisme tubuh. Anda bisa menjadi pelopor program diet rempah-rempah yang belum begitu populer di Indonesia ini.

Diet Rempah-Rempah Ala India

pemeran mahabarata
pemeran mahabarata

India merupakan negara dengan masakannya yang terkenal kaya rempah. Rupanya, bahan ini bukan hanya berfungsi sebagai pelezat makanan saja tetapi juga berkhasiat menjadikan tubuh wanita-wanitanya ramping. Pada rempah banyak terkandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Rempah-rempah india ini juga banyak yang dapat ditemukan di Indonesia. Maka program diet rempah-rempah india ini sangat cocok dijalankan di Indonesia.

Beberapa Rempah Khas India Yang Berkhasiat

diet rempah
Diet Rempah
Rempah India yang mudah kita peroleh di Indonesia ialah tanaman kunyit. Di Tanah Air, kunyit seringkali digunakan untuk memasak kari, pepes, atau menjadi pewarna makanan alami seperti pada nasi kuning. Kunyit berkhasiat untuk melunturkan lemak yang menumpuk dalam darah yang seringkali menjadi pemicu kegemukan.

Kita juga mudah memperoleh rempah-rempah India seperti kayu manis dan cengkeh. Masakan yang ditambahkan  bahan makanan kering ini akan memiliki aroma semerbak. Di balik aromanya, kayu manis disebut-sebut sebagai rempah yang paling baik dalam menurunkan berat badan. Ini karena kayu manis berkhasiat untuk menurunkah gula darah sehingga baik bagi mereka yang menginginkan kulit kencang. Tidak perlu meminum obat untuk menurunkan nafsu makan, cukup mengonsumsi ini saja. Kayu manis juga berkhasiat melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Seperti masakan Padang, India terkenal dengan pedasnya. Cabe tidak hanya sekedar bahan makanan yang menantang tetapi juga berkhasiat bagi kesehatan. Cabe mengandung capsaicin yang bermanfaat untuk menekan nafsu makan. Cabe juga berkhasiat untuk meningkatkan proses metabolisme dan pembakaran lemak. Hasil penelitian Universitas Prudue menunjukkan cabe dapat menurunkan berat badan secara efektif.

Diet Alzheimer

Diet menggunakan rempah-rempah cocok bagi mereka yang ingin memiliki ingatan yang masih kuat saat tua nanti. Fenomena Alzheimer masa kini tidak hanya mengancam orang lanjut usia tetapi juga mereka yang menginjak usia 40 tahun.  Hasil penelitian University of California, Los Angeles, menunjukkan kunyit dapat mencegah Alzheimer. Kandungan rempah-rempah mampu mencegah penumpukan amoloid yang memicu kerusakan otak.

Diet rempah ini merupakan budaya india yang telah turun temurun. Namun, jika Anda termasuk kaum muda yang lebih menyukai film-film jepang dibandingkan serial Mahabarata, maka mungkin diet rumput laut ala jepang bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Atau jika Anda merasa terkekang oleh program diet Anda, maka cobalah untuk mempelajari saat-saat  terbaik melonggarkan diet yang sedang Anda lakukan.

Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

6 komentar

diet yang simpleda ga , yang gampang ala indonesia ?

lagi booming nih mahabrata ada juga yang beginian ternyata :p

Diet Lokal yang gamang banget sihh ya makan nasi aking gan :D :D =)D

Ada donk.. :D Khan emang lagi ngetop nihh liatin body-nya pemain Mahabarata. :D

 
Back To Top