Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Pola Makan Sehat Dari Negeri Doraemon

Google Ads
Google Ads
Obesitas bukan sekedar penyakit biasa, tetapi penyakit yang sudah mewabah seperti yang telah diketahui dari hasil penelitian WHO. Jepang menjadi negara dengan jumlah penduduk obesitas rendah. Bayangkan, jumlah penduduk yang mengalami penyakit akibat pola makan tidak sehat tersebut di Jepang hanya mencapai 3 %, sementara di negara maju lainnya seperti Australia 22% dan Amerika 34%. Hal ini disebabkan karena program diet ala jepang yang sehat.

Suka Dengan Budaya Jepang? Tiru Juga Pola Makannya!

makanan sehat jepang
Makanan Sehat Jepang

Meskipun kuliner Jepang terkenal menggoda dan mendunia, penduduknya tetap terbilang sehat. Bahkan, menurut penduduk Jepang, makanan yang sehat adalah hak asasi. Dr Sophia Hage dari Universitas Indonesia memaparkan kultur pola makan sehat ala Jepang tersebut.

Mengkonsumsi Bahan Makanan Segar

Program diet sejak turun temurun mereka hanya mengutamakan bahan makananan segar yang boleh diolah dalam masakan Jepang mulai dari buah, sayur, hingga ikan. Gambaran wajib ini dapat dilihat jika Anda berbelanja di supermarket Jepang, Anda tidak hanya dapat menemukan tanggal kadaluarsa tetapi juga tanggal pengemasan. Anda juga akan sulit menemukan bahan makanan yang dibekukan.

Dr. Sophia memaparkan bahwa bahan makanan yang segar lebih kaya nutrisi ini lebih mampu melancarkan proses metabolisme dan pencernaan makanan dalam tubuh karena enzim yang dikandungnya. Enzim ini tidak lagi dapat kita peroleh dalam makanan yang tidak segar sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan bahkan kekurangan gizi.  Anda mungkin punya segudang aktivitas namun sebaiknya tidak menjadikannya alasan untuk terus mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan instan.

Makan Porsi Mini

Budaya Jepang yang juga menyehatkan ialah kebiasaan untuk menyajikan makanan dalam ukuran mini. Ini bisa dilihat dari penyajiannya yang menggunakan piring atau mangkuk kecil. Karena kultur yang sudah turun temurun ini, lambung generasi Jepang seolah hanya didesain untuk makan dengan poris sepertiga atau setengah dari porsi orang Amerika. Memang, lambung dapat mengadaptasikan dirinya dengan kebiasaan makan sehingga ubahlah kebiasaan makan jumbo anak Anda.

Kemampuan adaptasi otomatis lambung dengan sedikit makanan inilah yang membuat orang Jepang terhindar dari obesitas. Secara  psikologis, kemampatan porsi makanan dalam piring akan memengaruhi rasa kenyang Anda. Anda mungkin merasa masih lapar jika makan dengan porsi yang sama namun dalam mangkuk atau piring yang lebih besar.

Anti Goreng-gorengan

 Orang Jepang lebih memilih memasak dengan kukus atau rebus yang merupakan proses memasak terbaik bagi Anda yang ingin menjaga berat badan. Metode memasak ini menjaga keutuhan nutrisi dalam makanan. Proses penggorengan, apalagi dengan suhu tinggi akan meningkatkan lemak jahat dalam makanan. Ini tidak terjadi pada metode masak lainnya.

Mengutamakan Minyak Nabati

Orang Jepang tidak menggoreng atau menumis dengan minyak yang biasa beredar di Indonesia, yaitu minyak  Canola. Minyak Canola merupakan minyak nabati yang rendah lemak. Kadungan lemaknya ialah terdiri dari lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang menekan kolesterol jahat dalam darah. Lemak jenuh pemicu kolesterol jahat dalam minyak ini hanyalah 6%. Minyak Canola bisa diganti dengan minyak Zaitun yang juga kaya lemak baik.

Menyukai Ikan

Menggunakan ikan adalah menu wajib yang sudah mengakar dalam kebudayaan Jepang. Bahan makanan ini wajib ada dalam setiap jadwal makan. Konsumsi ikan orang Jepang per tahun bahkan mencapai 150 pon per orang. Orang Jepang memang minim makan daging sapi, tetapi bisa dikatakan mereka 'rakus' untuk urusan ikan dan panganan laut.

Jika Konsumsi ikan dan sayuran segar dirasa terlalu sulit untuk dilakukan, maka pilihan lainnya ialah dengan diet rempah-rempah bumbu dapur yang alami dan khas indonesia
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

1 komentar:

Anti gorengan itu yang sulit gan, ane suka makan empe tahu goreng -_-
Ah enak-enak, sulit lah kalau ngurangin gorengan :))
Mau ngurangin liat temen makan gorengan niat langsung ilang gan

 
Back To Top