Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Mitos dan Fakta Tentang Diet Pria dan Wanita

Google Ads
Google Ads
Pada berbagai aspek, pria dan wanita memang sudah banyak setara kecuali kesehatan. Anugerah biologis kadang tidak dapat menyamakan asupan yang dibutuhkan pria dan wanita. Namun, apakah begitu juga dalam diet? Ada pola tertentu yang hanya harus dilakukan atau dihindari sesuai dengan jenis kelamin?

Berbagai informasi diet sesuai dengan jenis kelamin banyak digalakkan. Namun, banyak juga yang berlebihan hingga mengada-ada. Maka berikut ini adalah sejumlah fakta tentang diet pria dan wanita. Diet yang wajar bisa Anda peroleh dari saran ahli diet sekaligus chef, Susan Burke March.

Perbedaan Diet Untuk Pria dan Wanita


diet pria wanita
diet pria wanita

Likopen Hanya untuk Pria?

Sumber likopen di antaranya ialah semangka, tomat, buah anggur, dan pangan berwarna lainnya bahkan sepertie jeruk dan pisang. Likopen merupakan karoten yang kuat yang dapat mencegah kanker prostat khusus pada pria.

Pada wanita, likopen juga dapat mencegah kanker dan berbagai penyakit lainnya. Sebuah penelitian membuktikan, likopen menekan resiko kanker payudara, komplikasi, bahkan serangan jantung serta penyakit lainnya yang timbul saat hamil.

Jadi, jika ada yang mengatakan likopen hanya untuk pria itu salah.

Wanita Dilarang Sarapan?

Baik pria dan wanita sama-sama membutuhkan energi untuk mengawali hari. Energi ini dapat diperoleh dari sajian sarapan yang disesuaikan dengan tingkat aktivitas. Semakin berat aktifitasnya, maka asupan karbohidrat saat sarapan harus ditambah.

Jadi larangan sarapan untuk wanita, itu tidak berlaku umum. Hanya untuk wanita yang aktifitasnya tak banyak

Apa Benar Kebutuhan Nutrisinya Beda?

Menjadi pria atau wanita bukan alasan untuk mengurangi asupan buah dan sayur. Pria dan wanita sama-sama harus makan kacang-kacangan. Baik pria maupun wanita sama-sama harus membatasi gorengan. Pria dan wanita dapat memanfaatkan rempah-rempah untuk diet.

Bisa jadi kebutuhan nutrisinya berbeda, namun keduanya sama-sama memerlukan vitamin dan mineral untuk bisa memiliki tubuh sehat.

Siapa Bilang Wanita Hanya Boleh Olahraga Saat Lapar?

Ada yang pernah dengar pria harus memakan jenis buah tertentu sebelum olahraga? Sebaiknya, hindari asupan gula sebelum olahraga Termasuk dari minuman sari buah atah minuman berenergi. Ini berlaku baik untuk pria maupun wanita.

Gula dari minuman akan segera diproses tubuh saat olahraga. Ini menyebabkan meningkatkan produksi nsulin yang menyebabkan hipoglikemia. Alih-alih mendapatkan tenaga, performa Anda malah menurun.

Sebelum berolahraga, pria dan wanita sama-sama dianjurkan agar hanya mengonsumsi air putih. Setelah olahraga, Anda boleh meminum cokelat rendah lemak.

Boleh makan, baik untuk pria maupun wanita, namun harus makanan yang mudah dicerna. Kandungan gula, lemak, maupun serat mknan ini harus rendah. Bahan makanan ini misalnya sereal dan yoghurt rendah gula. Anda juga bisa menggantinya dengan pisang.

Jadi kesimpulannya ialah, tidak ada diskriminasi pola makan dalam diet bagi pria dan wanita. Walaupun mungkin pria boleh makan lebih banyak dari wanita normal, karena kebutuhan karbohidratnya berbeda.
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

 
Back To Top