Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Menu Diet Paling Rendah Lemak Dan Menyehatkan

Google Ads
Google Ads
Banyak orang yang mencoba berbagai program diet namun kemudian hanya sebatas impian. Ini karena banyak yang tidak dapat menahan diri untuk mengonsumsi makanan tidak sehat saat diet. Banyak yang salah persepsi, memandang diet adalah mengurangi frekuensi makan. Rasa lapar setelah menahan makan pada jadwal tertentu menyebabkan 'balas dendam' pada jadwal makan berikutnya. Tak perlu begitu, diet yang sebenarnya hanya perlu mengatur porsi dan memilih makanan yang terbaik.
gambar kalkun
Gambar Kalkun

Kalkun Termasuk Diet Sehat  Berprotein Tinggi

Makanan khas Amerika berupa Kalkun yang disajikan penuh di meja makan menjadi makanan yang cukup populer di Indonesia saat ini. Kepopuleran kalkun ini akhirnya tertahan karena ketakutan orang-orang bahwa kalkun merupakan diet tak sehat yang harus dihindari. Berdasarkan situs Healt Central, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi Kalkun karena termasuk makanan sehat berprotein tinggi. 

Dalam diet, Anda harus memilih makanan sehat seperti anjuran situs Health Central berikut ini.

1. Sayur hijau 

Contoh sayuran hijau ialah sawi, bayam, brokoli, dan kangkung. Sayuran ini mengandung kalori yang rendah sehingga cocvok untuk menurunkan berat badan. Meskipun Anda mengonsumsinya berlebihan, Anda tidak akan gemuk. Sayuran kaya akan serat yang memerikan rasa kenyang dan melancarkan pencernaan. Jika pencernaan lancar maka pengeluaran kelebihan lemak tubuh juga lancar. Sayuran yang Anda makan juga bisa dalam bentuk kaldu. Namun, jangan tambahkan penydap rasa buatan ke dalam sayur sehat Anda. 

Anda lebih baik menggunakan rempah-rempah dan bumbu alami untuk mendapatkan rasa sedap sekaligus khasiatnya. Khasiat dari rempah-rempah india dapat melangsingkan tubuh sekaligus memperlancar metabolisme tubuh. Kaldu sayuran juga bisa jadi pengganti penyedap rasa pada masakan lainnya. Penyedap rasa ala sayur tentu terjamin kesehatannya daripada penyedap rasa buatan. Masukkan akmon dan apel dalam daftar makanan diet sehat Anda. Almon kaya asam amino fenilalanin. Asam ini meningkatkan produksi hormon kolesistokinin yang memberikan rasa kenyang.

Begitu juga dengan apel, Anda akan kenyang dengan makanan kaya serat ini. Tapi, pilih apel yang bebas bahan pengawet. Kulit apel yang berbahan kencang terlihat mebgkilap dan kencang. Buahnya pun seperti masih segar namun tangkainya layu. Bau buah yang diberi bahan pengawet tidak lagi semerbak bau buah biasanya. Selain apel, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan serat dari strawberry atau blueberry. Namun, sebaiknya menghindari buah yang dipanen sebelum benar-benar matang. Nutrisi dalam buah tersebut tidak berkembang maksimal.

 2. Air putih 

Minum air putih efektif menekan nafsu makan. Minumlah air putih sebelum makan maka porsi makanan utama yang ingin Anda lahap akan berkurang. Air putih juga berperan dalam melancarkan pencernaan.

 3. Protein 

Tubuh membutuhkan protein namun protein yang lebih baik ialah protein tumbuhan atau protein nabati. Protein ini dapat Anda peroleh dari tahu dan tempe. Tahu dan tempe juga mengandung serat. Penemuan baru menunjukkan, wanita dapat menurunkan berat badan dengan tahu. Ini karena tahu yang dimakan sebelum makanan utama memberikan rasa kenyang. Tapi, diet dengan tahu akan sia-sia jika Anda menambahkan gula dalam memasaknya. Tahu yang diberi bahan pengawet juga berbahaya. Jadi, pilihlah tahu alami.

Anda juga bisa mencoba cara baru, yaitu protein kocok. Blenderlah segelas susu almond dengan sesendok bubuk protein. Anda juga bisa menikmati minuman ini dengan es. Kalkun termask dalam jajaran protein yang dapat dikonsumsi dalam diet. Kalkun memang kaya lemak, tapi kita bisa kenyang dengan memakannya.

Pilihan lainnya ialah dengan konsumsi daging rendah lemak, salah satunya bersumber dari Kalkun. Dengan kandungan asam amino tripotopan, daging kalkun merangsang produksi hormon serotoinin. Hormon ini bekerja aktif dalam merangsang kinerja otak. Namun, Anda tetap harus menjaga porsi memakan daging ini. Hilangkan bagian kulit dari kalkun dan bagian berlemak dari daging kalkun. Selain itu, Anda harus menghindari proses penggorengan dari daging Kalkun.

4. Asinan alami 

Asinan merupakan makanan segar yang rendah kalori, yaitu kurang lebih 50 kalori. Pilihlah asinan yang bebas bahan pewarna dan pengawet.

 5. Karbohidrat

 Ganti nasi dengan gandum. Serat dalam gandum membantu mengurangi berat badan dengan mengurangi nafsu makan.

Jangan lupa pula untuk menahan program diet Anda agar tidak menyiksa diri. Ada baiknya Anda mmpelajari kapan saat-saat yang tepat untuk menghentikan diet
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

3 komentar

Wah.. kbetulan nii tmen sya mau diet.. stelah baca ini sya pngin kasih triknya kpda tmen sya.. tapi ada efek sampingnya gak gan? :)

Wah ga dapet pertamanx nih, ga niat diet udah kurus :'(

Gak ada kok.. Ini makanan sehat semua.. :D

 
Back To Top