Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Kenapa Pria Boleh Makan Lebih Banyak Daripada Wanita

Google Ads
Google Ads
Jangan iri atau merasa didiskriminasi jika saat diet, pria boleh makan lebijh banyak. Ini karena memang harus begitu sesuai dengan kebutuhan kalori harian, dimana pria memang memerlukan kalori yang lebih tinggi dibanding wanita. Program diet yang diikuti pria pada umumnya memberikan kesempatan bagi pria untuk makan lebih banyak daripada wanita. Pada dasarnya ini disebabkan karena proses pembakaran lemak pada pria lebih cepat dibanding wanita. Berikut alasan biologis mengapa bisa demikian.

Berikut ini Alasan Biologis Pria Boleh Makan Lebih Banyak

makanan diet cowok
Makanan Diet Cowok
Hormon testosteron pada pria berfungsi terbalik rengan hormon esterogen pada wanita. Hormon testosteron menyebabkan pembakaran lemak di tubuh pria lebih cepat daripada wanita. Ini karena, dengan adanya homon ini, berat otot pria lebih tinggi. Sebaliknya, hormon esterogen atau hormon pembentuk organ reproduksi wanita berfungsi untuk memenuhi cadangan lemak tubuh. Ini menyebabkan lemak pada wanita lebih banyak disimpan daripada pria.

Sebenarnya wanita memiliki hormon pembakar lemak, yaitu progesteron. Sayangnya, seperti hormon pertumbuhan, usai melahirkan, produksi hormon ini semakin menurun. Ini yang menyebabkan wanita pada usia tiga puluhan sudah terlihat menumpuk lemak badan.

Wanita cenderung lebih menyukai makanan manis seperti kue. Kabohidrat dalam kue, nasi, atau mi instan dapat menimbulkan penumpukan lemak. Ini karena jenis kerbohirat pada bahan makanan tersebut bersifat menghambat pembakaran dan proses metabolisme lemak. Penghambat pembakaran lemak juga berupa gula. Karbohidrat sederhana dan gula meningkatkan produksi insulin sehingga meningkatkan lemak dalam tubuh.

Menghindari gula tinggi kalori pada wanita juga berlaku untuk pria. Begitu juga dengan anjuran memakan buah dan sayur. Meski pembakaran lemak pada pria lebih cepat, bukan berarti pria boleh mengonsumsi minuman atau makanan manis sebelum olahraga. Pria juga harus menghindari gorengan dan lebih mengutamakan masakan kukus, rebus, dan panggang.

Bentuk tubuh idaman pria ialah yang besar dan berotot padat dan berisi, seperti para pemain serial mahabarata asal india itu. Bentuk tubuh yang diidamkan wanita adalah langsing kencang tanpa gelombang otot. Banyak wanita yang takut kekar karena rutin berolahraga. Ini juga menjadi alasan mengapa wanita lebih sulit membakar lemak daripada pria. Ini persepsi yang salah karena olahraga bisa membentuk tubuh wanita menjadi lebih seksi.

Kelebihan Wanita Dibanding Pria

Tak perlu iri, Anda masih dapat mudah membakar lemak dengan mengganti karbohidrat sederhana menjadi karbohidrat kompleks. Hal ini bisa Anda peroleh dari beras merah dan kacang-kacangan. Perbanyak juga asupan buah segar dan sayur-sayuran.

Kelebihan wanita adalah memiliki naluri untuk suka masak. Ini dapat wanita gunakan untuk mengasup masakan sehat yang terjamin. Termasuk menambahkan rempah-rempah dan bumbu dapur yang bermanfaat untuk menurunkan bobot tubuh.  Jangan ragu untuk berolahraga serta biasakan meminum teh atau kopi tanpa gula agar pembakaran lemak saat olahraga bisa meningkat.

Bagaimana masih iri pada pria?
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

 
Back To Top