Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Game Di Gadget Yang Bisa Bikin Lansing

Google Ads
Google Ads
Siapa bilang main game cuma buang-buang waktu? Game itu bisa saja melangsingkan tubuh, terutama game yang mengasah otak. Jadi jika berfikri bahwa diet itu hanya bisa dilakukan dengan memilih makanan saja, maka itu adalah kesalahan besar. Karena banyak sekali trik diet unik dari seluruh dunia yang dapat dilakukan, salah satunya dengan game.

Game di Gadget yang Bikin Langsing

game bikin langsing
Game Bikin Lansing
Game paling terkenal yang bisa digunakan untuk program diet ini adalah game tetris atau susun-bangun. Penemu game ini ialah Alexey Pajitnov yang berasal dari Soviet Union.

Game yang bisa bikin langsing ini sangat popler pada tahun 1989 hingga terjual jutaan kopi. Seluruh dunia menggandrungi game yang dapat dikembangkan pada komputer rumahan ini. Game ini mencapai popularitasnya termasuk ke dalam Nintendo Gameboy yang sangat populer di negri doraemon, Jepang.

Beberapa psikolog menyatakan permainan asah otak ini dapat menurunkan nafsu makan atau mengkonsumsi makanan berlemak. Pendapat ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa game asah otak secara alami dapat membantu menahan keinginan untuk makan. Ini jika game dimainkan selama tiga menit.

Penelitian yang dilakukan Plymouth University menunjukkan, sebagai perusak, game bermanfaat untuk mengalihkan pikiran seseorang tentang makanan atau hal-hal negatif seperti rokok dan alkohol. Penelitian ini juga mencakup bagaimana game menjadi cara cepat untuk mengendalikan kecanduan makanan, rokok, dan alkohol.

Responden dalam penelitian ini diminta untuk menuliskan ukuran seberapa kecanduan yang mereka rasakan. Ini mencakup seberapa kuat, seberapa menganggu dan seberapa nyata kecanduan mereka itu. Responden yang tidak dapat mengendalikan keranjingannya ini kemudian diminta memainkan game tetris selama tiga menit.

Sebagian responden menghabiskan tiga menit dengan menunggu game dalam proses loading. Sebagian lagi memainkan game tetris dalam versi 1984. Penelitian ini dipimpin oleh tim dari Cognition Institute, yaitu Jackie Andrade bersama Jessica Skorka-Brown.

Andrade menjelaskan, rasa lapar seseorang hanya muncul sebentar, hanya beberapa menit. Pada saat inilah orang akan memikirkan makanan apa yang diinginkan. Mereka juga sangat menginginkan itu menjadi nyata dan pasti senang jika mewujudkannya. Kuatnya bayangan ini sering mengalahkan tekad diet seseorang sehingga lebih memilih untuk mewujudkannya. Sementara, itu sebenarnya tidak boleh dilakukan.

Game tetris ternyata dapat mencegah keinginan untuk mewujudkan bayangan tersebut. Menurut Andrae, saat bermain game ini orang tidak lagi membayangkan betapa lezatnya makanan atau minuman yang tidak boleh dikonsumsi. Beberapa menit kemudian, rasa lapar akan hilang, mewujudkan bayangan pun dapat dicegah.

Walaupun game ini bermanfaat tapi tetap tidak boleh dimainkan terlalu lama. Banyak penelitian yang menunjukkan pengaruh buruk kecanduan bermain game. Banyak pasangan yang melewatkan waktu bersama dan lebih memilih menuntaskan level permainan.

Bahkan, hasil sebuah penelitian mendapatkan kecanduan game menyebakan 20 persen wanita terlambat menikah. Mereka ini adalah para gamers yang berlebihan. Terlalu sering menunda jam makan yang seharusnya untuk bermain game juga tidak dianjurkan karena dapat memperburuk kesehatan.
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

 
Back To Top