Info Pendidikan Sains Untuk Anak

By: Mahfuzh tnt
FB Like Box widget

Diet Rumput Laut Bernutrisi Tinggi Khas Negeri Sakura

Google Ads
Google Ads
Budaya diet umumnya berbeda-beda di setiap negara. Jika di Indonesia diet yang paling mudah dilakukan ialah diet rempah-rempah dan bumbu masakan sedangkan diet ekstrim yaitu program diet cacing populer di Meksiko, maka jadi program diet rumput laut ialah program diet khas dari Jepang.

Diet Rumput Laut Khas Negeri Sakura


diet rumput laut
diet rumput laut alat jepang
Bagi Anda yang menggandrungi budaya Jepang pasti juga menyukai makanan khannya seperti nori. Nori ialah rumput yang dikeringkan menjadi seperti kertas. Makanan ini dipadukan dengan makanan lainnya seperti nasi dan sushi. Kabar baiknya, nori termasuk makanan sehat yang dapat menurunkan berat badan. Bagaimana nori dapat melangsingkan tubuh Anda? Berikut ini beberapa alasan diet rumput laut khas jepang efektif melangsingkan tubuh

Kaya Protein

Nori merupakan lembaran rumput laut kaya protein yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Kandungan protein dalam makanan beraroma khas tersebut ialah mencapai setengah persen dari 100 gramnya. Protein diperlukan tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membentuk sel dan jaringan otak. Protein tersebut berperan penting dalam poses metabolisme.

Kaya Omega 3

Nori merupakan hasil laut yang kaya omega 3. Kandungan ini dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan menekan kolesterol jahat. Dengan begitu, omega 3 dalam nori dapat meluruhkan lemak tubuh sehingga dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Selain itu, omega 3 juga dapat mengendalikan kadar gula darah.

Kaya Serat

Nori mampu mengenyangkan dengan kandungan seratnya yang tinggi. Serat membantu melancarkan pencernaan sehingga sisa makanan di usus tidak menumpuk. Sisa makanan yang tidak cepat dibuang dapat menjadi tumpukan lemak dalam tubuh. Rasa kenyang dari serat pasti akan menekan nafsu makan. Mengonsumsi nori tidak perlu khawatir akan lemaknya. Karena, makanan ini memang memberikan kalori tinggi tetapi rendah lemak. Makanan kaya serat ini dapat dijadikan pilihan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Kaya Zat Besi

Zat besi merupakan unsur dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel. Pada 100 gram nori, terdapat 88 persen kadar kebutuhan zat besi per hari. Tidak seperti zat besi pada kacang, kandungan yang berperan dalam proses metabolisme tubuh ini dapat diserap dengan mudah. Ini karena rumput laut tidak mengandung phytate yang dapat menghambat penyerapan zat tersebut oleh tubuh. Bahan makanan ini juga dapat bermanfaat untuk penderita anemia. Pada orang normal, zat besi di dalam rumput laut dapat membuat tubuh segar dan bertenaga.

Kaya Kalsium

Memakan nori sama dengan menyayangi tulang. Ini karena mengonsumsi 100 gram nori sama dengan mengasup 280 mg kalsium. Dengan begitu, nori dapat menguatkan tulang dan mencegah berbagai penyakit tulang seperti pengeroposan atau osteoporosis.

Mangadopsi budaya memakan nori ala Jepang memang membantu menjaga kesehatan. Namun, ingat, selain itu, Anda juga harus banyak minum air putih, berolahraga, dan menghindari gorengan. Jadi, tidak sia-sia lagi jika Anda menyukai budaya Jepang.

Jika Anda merasa diet ala Jepang ini terlalu mahal, karena harga nori relatif mahal, maka Anda bisa mencoba jenis diet sehat lainnya. Jika dirasa diet ini telah menurunkan bobot tubuh Anda secara signifikan, maka ingatlah beberapa hal pertanda harus berhenti diet demi kesehatan Anda. Jangan sampai cara diet Anda terlalu ekstrim dan dapat mengancam kesehatan Anda seperti diet yang dilakukan Kim Kadarshian
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Penulis:

 
Back To Top